Oleh-oleh Kuliner Balikpapan

"Jangan lupa oleh-oleh kuliner Balikpapan ya", begitulah kata orang saat temannya akan berangkat ke Balikpapan. Orang lain tidak mau tau apakah itu urusan pekerjaan atau wisata kuliner, tetap saja kata itu yang sering terlontar saat kita akan berpergian ke luar kota. Lantas apa sih oleh-oleh dari Balikpapan? Itu yang terlintas dari benak saya, karena tidak tau tentang Balikpapan. Setelah mencoba browsing melalui smartphone blackberry yang sudah sering restart, ternyata saya menemukan beberapa oleh-oleh kuliner dari Balikpapan. Setelah mengetahui apa saja oleh-oleh dari Balikpapan, lalu terlintas dipikiran "mahal ga ya?". Disinilah saya akan berbagi informasi mengenai oleh-oleh kuliner Balikpapan dan berbagai tempat kuliner di Balikpapan, semoga dapat menjadi referensi anda sebelum melakukan perjalanan ke Balikpapan. Kota Balikpapan memiliki sarana untuk transportasi udara, yaitu Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman yang dapat didarati pesawat berbadan lebar seperti Boeing 747.

kota balikpapan
Balikpapan merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur (Kaltim), Indonesia. Kaltim yang beribu kota Samarinda adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Sulawesi. Luas total Kaltim adalah 129.066,64 km² dan populasi sebesar 3.6 juta. Kaltim merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di nusantara. Balikpapan memiliki penduduk sekitar 668.070 jiwa yang merupakan 22 % dari keseluruhan penduduk Kaltim. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung ini adalah beruang madu, maskot Balikpapan yang mulai di ambang kepunahan. Beruang madu di Balikpapan dikonservasi di sebuah hutan lindung bernama Hutan Lindung Sungai Wain. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan. Kota Balikpapan memiliki wilayah 85% berbukit-bukit serta 12% berupa daerah datar yang sempit terutama berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) dan sungai kecil serta pesisir pantai. Dengan kondisi tanah yang bersifat asam (gambut) serta dominan tanah merah yang kurang subur. Sebagaimana layaknya wilayah lain di Indonesia, kota ini juga beriklim tropis. Kota ini berada di pesisir timur Kalimantan yang langsung berbatasan dengan Selat Makassar, memiliki teluk yang dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan laut komersial dan pelabuhan minyak.

daerah wisata balikpapan
Kota Balikpapan memiliki 7 daerah wisata yang cukup menarik dan layak untuk dikunjungi, diantaranya adalah :
  1. Taman Agrowisata yang diresmikan pada tanggal 17 Desember 1997 oleh Bapak Tri Sutrisno, berlokasi di Jl. Soekarno Hatta km 23, dengan luas 100 ha dan memiliki berbagai koleksi tanaman tropis serta dilengkapi dengan tempat piknik terbuka, rumah panjang Dayak, tempat berkemah dan pemandangan alami, dilengkapi play ground, shelter, tempat parkir, mushola dan play group, dapat dikunjungi dengan angkutan kota trayek nomor 8.
  2. Wana Wisata Km 10 adalah taman arboretum yang dibangun oleh PT. Inhutani I Unit Balikpapan, dengan berbagai jenis pohon hutan dan buah-buahan langka, sebagai tempat berkemah dan jogging yang sejuk dan alami, dilengkapi gedung pertemuan, pusat informasi, gazebo, play ground dan warung kaki lima, dapat ditempuh dengan angkutan kota trayek nomor 8.
  3. Karang Joang Resort, Golf dan Country Club Balikpapan, yaitu padang Golf Kariangau terletak di Kelurahan Karang Joang, tidak jauh dari sungai Wain, terdapat drive rain, hotel berbintang dengan teras dan pembakaran barbeque, club house dengan kolam renang dan activity room dengan karaoke, meja bilyard, bar dan ruangan dengan acara khusus serta tersedia menu masakan Tionghoa, Eropa dan Indonesia, dapat dipesan pada Resort dan Golf Karang Joang, Jl. Soekarno Hatta Km 5,5 Balikpapan.
  4. Jembatan Ulin Kariangau merupakan jembatan ulin terpanjang dengan panjang 800 m dan lebar 2 m, terletak 11 km dari pusat kota Balikpapan, terdapat hutan bakau dengan pemandangan lepas ke teluk Balikpapan dengan aktivitas nelayan dan kapal-kapal yang melintas dari pelabuhan Somber menuju Pelabuhan Penajam.
  5. Pantai Manggar Segarasari merupakan tempat rekreasi pantai terletak 22 km dari pusat Kota Balikpapan tepatnya di kecamatan Balikpapan Timur. Di sana terdapat shelter, banana boat, speed boat, ruang informasi dan warung kaki lima. Pantai ini dapat dicapai dengan angkutan kota trayek nomor 7.
  6. Hutan Lindung Sungai Wain merupakan hutan lindung dengan luas 10.025 ha yang dilalui sungai Wain yang panjangnya 18.300 m dengan airnya yang jernih dengan hutan bakau dan habitat burung, ikan , kepiting dan orang hutan.
  7. Panorama Dermaga Penyeberangan Somber, dapat dicapai dengan trayek angkutan kota nomor 3.
rumah makan torani
Terdapat rumah makan Torani berada di bilangan stall kuda, Balikpapan berdiri pada tanggal 5 April 2007. Sebelum berdiri menjadi sebuah rumah makan, pada bulan Maret 2006 telah mencoba untuk menjual ikan bandeng tanpa duri beku yang pemasarannya ke seluruh rumah makan yang berada di Balikpapan. Akan tetapi penjualan ikan bandeng tanpa duri beku ini tidak membuahkan hasil yang memuaskan, dengan berbagai macam penolakan yang sebagian besar adalah rasa ketidakpercayaan terhadap ikan bandeng yang kaya akan jumlah durinya dan menjadi tidak ada duri sama sekali. Presto merupakan kata yang sering dilontarkan saat penjualan ikan bandeng tanpa duri, namun sudah merupakan tugas kami untuk meyakinkan ke semua orang bahwa sekarang telah ditemukannya teknik pencabutan duri pada bandeng yang bertujuan agar memudahkan orang untuk menyantapnya karena bebas dari banyaknya duri dan kandungan gizi dari ikan bandeng itu sendiri tetap terjaga, sebagaimana sebelumnya kebanyakan orang sering menikmati ikan bandeng presto.

mantau sapi lada hitam
Mantau sapi lada hitam adalah oleh-oleh kuliner khas balikpapan, selain rasanya yang enak, oleh-oleh ini mempunyai sertifikat halal dari MUI. Terdapat berbagai pilihan mantau sapi lada hitam, ada kemasan mantau kukus yang siap digoreng saat anda sampai di kota asal. Terdapat mantau sapi lada hitam kemasan yang sudah digoreng dan siap dibawa, jadi tinggal dimakan saja saat bertemu keluarga di kota asal. Jangan sampai oleh-oleh khas balikpapan ini terlewatkan begitu saja, karena akan sangat menyesal sampai tiba di kota asal. Apalagi jika keluarga atau teman ada yang sudah memesan oleh-oleh, jangan sia-siakan perjalanan kuliner anda ke balikpapan tanpa membawa oleh-oleh mantau sapi lada hitam.